Minggu, 18 Januari 2015

Media Sosial


                Pada tulisan kali ini saya akan  membahas sebuah situs media social yang unik, dikatakan unik karena situs media social ini didirika untuk para penggemar seni terutama para seniman dan pecinta seni. Disitus ini anda bisa menemukan ratusan seniman dan karyanya, mereka berkumpul dan saling belajar dan bertukar pikiran dalam situs media social ini. Situs media social ini  bernama DeviantART untuk alamat situs bisa dillihat di www.deviantart.com
       Para seniman dan penikmat seni sangat beruntung akan kehadiran DeviantART karna mereka bisa menunjukan hasil karya mereka dan bisa juga melihat hasil karya para artis seniman diseluruh dunia, DeviantART didirikan sekitar 7 Agustus 2000 oleh Scott Jarkkoff, Matt Stephens, dan Angelo Sotira, dengan komposisi pendiri yang cukup lengkap. Yaitu Scott berperan sebagai programmer pengembang yang harus bisa bijak dari sisi programming dan komunitas, Matt sebagai seniman yang mencari tahu apa yang dibutuhkan para artist itu, dan Sotira sendiri mengurusi aspek bisnis dan hukum deviantART sebagai sebuah perusahaan. Sotira mengaku modal awal deviantART cuma US$ 15 ribu. Namun sebenarnya secara resmi DeviantArt didirikan tahun 2001, delapan bulan setelah peluncuran. DeviantART, Inc berkantor pusat di kawasan Hollywood Los Angeles, California, Amerika Serikat. mereka mengembangkan website ini yang ditujukan untuk para seniman. Ditempat ini, para seniman berkumpul dan menampilkan hasil karya merek. Setiap orang yang tertarik dengan bidang seni, dapat bergabung dalam komunitas ini secara gratis. Bahkan, para seniman bsa menjual hasil karya mereka disini. DeviantART layaknya toko seni, tempat menjual hasil karya seni dan menjadi sumber penghasilan bagi para seniman.
                Di DeviantART,  sebuah situs komunitas raksasa, terutama komunitas artis, desainer, fotografer, dan lainnya, dimana situs tersebut menampung berjumlah-jumlah karya atau yang disebut dengan deviation, dengan para artists yang disebut dengan deviant. Ada lebih dari seratus juta karya seni. Sampai sekarang, DeviantART adalah situs terbesar dalam hal penyedia ekshibisi karya seni yang berasal dari berbagai macam genre, mulai dari fotografi, seni grafis tradisional (melukis, menggambar, sablon, dll), desain grafis atau seni grafis modern, literatur, flash, animasi, pembuatan video, dan lain lain. DeviantART juga merupakan penyedia jasa-jasa yang terhitung gratis, terutama dalam hal desain, contohnya adalah skin untuk aplikasi-aplikasi tertentu, tutorial terutama untuk Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan sejenisnya, serta stok foto. Kita juga dapat membuat portofolio mengenai seni dengan sumber-sumber yang ada dari sana, serta bergabung dengan jutaan deviant yang berasal dari semua penjuru dunia, berbagi pengalaman dari jurnal-jurnal mereka, polling, diskusi, group, dan lain-lain.

Saat ini DeviantART menampung sekitar 24 juta pengguna yang terdiri dari artis, penggemar karya seni, dan lainnya. Bahkan dalam sebulan jumlah pengunjung dapat mencapai 65 juta pengguna, dimana mereka dapat melihat lebih dari ratusan juta karya seni yang dapat mencapai 140.000 unggahan perharinya, dan dari semua itu adalah hasil karya original artis itu sendiri. Kita juga dapat mempromosikan hasil karya kita di situs tersebut dengan membayar biaya keanggotaan sebagai premium membership.Selain menjadi tempat pameran seni, dengan bergabung kesini banyak hal positif  yang bisa anda petik . Disini terdapat banyak para ahli yang akan membimbing kita menjadi seorang seniman professional.


Di DeviantART, kita dapat mencari hasil karya yang kita inginkan dengan mudah, cukup dengan menuliskan kategori karya seni, atau menuliskan nama artis. Dengan begitu, pencarian pun cukup mudah untuk kita yang mencari wallpaper, screen saver, animasi, atau inspirasi untuk membuat karya seni sendiri. Bila kita telah menjadi deviant, kita dapat mengunggah karya seni kita tanpa batas dan tanpa biaya apapun untuk ditampilkan ke khalayak ramai di seluruh penjuru dunia. Bahkan, kita dapat membuat portofolio online untuk kita tampilkan ke perusahaan tertentu, klien, sekolah karya seni, kita juga mendapatkan komentar, feedback, bahkan critique jika kita telah mendaftar premium membership. Juga terdapat filter Mature Content atau filter konten dewasa yang memungkinkan konten-konten tertentu tidak dilihat oleh user dibawah umur. Kita juga bisa melihat statistik orang yang melihat hasil karya kita, jumlah komentar, orang yang meng-favorite, dan jumlah download atau unduhan.

DeviantART juga merupakan sebuah social media selain sebuah art network. Kita dapat berkomunikasi dengan berbagai ragam pencinta karya seni dan penciptanya, mulai dari seni grafis tradisional hingga modern, dari amatir hingga profesional. Kita juga dapat memanfaatkan fasilitas e-mail, chatting, chat room, hingga group community. Kita juga bisa mengkomentari hasil karya artis lain, mengunduh, atau mengfavoritkan hasil karya mereka. Profil kita di sana juga bisa kita setting sesuai selera kita.
Dan bagian terakhir yang menarik adalah DeviantART juga merupakan took untuk menjual karya seni, Di took DeviantART, anda bisa menjual karya seni keseluruh dunia tanpa batas, atau membeli hasil karya 100% original dariDeviantART yang berupa desain, kaus t-shirt, dan lainnya melalui online.

Kelebihan DeviantArt, antara lain:
·         Memudahkan penggunanya untuk sharing karya seninya;
·         Dapat mengunduh karya seni secara gratis, tanpa perlu takut melakukan pelanggaran hak cipta (menyangkut Creative Commons ( CC ) lisensi);
·         Sebagai sarana mencari inspirasi untuk membuat karya seni;
·         Dapat berinteraksi dengan pengguna di seluruh dunia tanpa harus menjadi teman;
·         Sering mengadakan live events, diantaranya DeviantArt Summit, DeviantArt world tour, deviantMEETs, dan company interest from elsewhere;
·         Setiap member bisa membuat jurnal DevUser disebut Devious Journal Entry, yang berguna untuk karir dimasa depan. Misalkan, ada sebuah sekolah yang sedang mencari guru lukis dan tertarik ketika melihat jurnal kita;
·         Setiap hasil karya yang telah diunggah disitus ini akan mendapatkan sebuah hak cipta resmi oleh karena itu anda dapat menjual hasil karya tersebut dan mendapatkan keuntungan (menyangkut Creative Commons ( CC ) lisensi);
·         Bisa berkesempatan untuk bergabung dan bekerja bersama DeviantART,inc seperti yang dituliskan di situsnya “Kami selalu mencari individu-individu cerdas dan berbakat untuk bergabung dengan tim kami. Daftar sekarang!”.

          Kekurangan DeviantArt:
·         Kekurangan situs ini adalah dalam segi kecepatan dalam menampilkan halaman karena situs ini banyak sekali menampilkan gambar dan karya animasi sehingga membutuhkan koneksi yang cukup mendukung , apabila koneksi anda lemah maka anda akan dibuat ribet sendiri untuk merefresh situs ini berulang-ulang kali sampai semua gambar terdisplay secara sempurna, selain itu  ada beberapa fitur eksklusif yang tidak dapat digunakan walaupun kita telah menjadi member situs  tersebut , untuk mendapatkannya kita harus menjadi Premium Member dengan membayar beberapa  puluh dollar amerika pertahun atau perbulannya.

Keamanan
DeviantArt melindungi data pribadi, terlebih ketika kita memberikan informasi seperti nomor kartu kredit misalnya untuk kepentingan DeviantArt-shop, DeviantArt mengenkripsi transmisi menggunakan SSL ( " Secure Socket Layer " ) teknologi untuk melindungi data tersebut. DeviantArt menjaga informasi pribadi yang kita berikan pada server yang dilindungi oleh firewall dan sarana teknologi lainnya terhadap gangguan atau akses yang tidak sah.
Adanya filter untuk mengupload suatu konten, apakah content tersebut merupakan kategori konten dewasa atau content umum.
Creative Commons ( CC ) lisensi adalah salah satu dari beberapa lisensi hak cipta publik yang memungkinkan distribusi bebas dari sebuah karya yang dilindungi hak cipta . Lisensi CC digunakan ketika seorang penulis ingin memberikan hak untuk berbagi , mendistribusikan atau menggunakan hasil karya yang telah mereka menciptakan. CC memberikan fleksibilitas kepada penulis ( misalnya , mereka mungkin memilih untuk hanya mengijinkan penggunaan non-komersial saja ) dan melindungi orang-orang yang menggunakan atau mendistribusikan karya penulis, sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang pelanggaran hak cipta , selama karena mereka mematuhi kondisi yang ditentukan dalam lisensi oleh yang penulis mendistribusikan pekerjaan.

Pemanfaatan dan Pengembangan Masa Depan
Dengan inovasi-inovasi dari DeviantArt, saya percaya dimasa depan akan lebih banyak fitur baru yang bermanfaat untuk kesejahteraan para anggota. Seperti fitur terakhir yang baru-baru ini dirilis yaitu MURO (meja gambar berbasis HTML5).
Dalam angan saya pribadi, saya menginginkan sebuah fitur semacam tutorial interactive untuk belajar bagaimana cara yang baik dan benar dalam menciptakan sebuah karya, entah itu karya yang diciptakan secara manual atau menggunakan teknologi computer. Gagasan saya ini berdasar dari adanya angota-anggota DeviantArt yang menyukai seni gambar namun belum mahir dan memiliki keinginan untuk belajar.

       












 








 Sumber


1 komentar:

  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus