Minggu, 18 Januari 2015

E-Commerce

E-Commerce
Rakuten

Di zaman serba instan ini, biasanya seseorang menginginkan sesuatu hal didapatkan secara mudah dan dengan cara yang sederhana. Misalnya dalam berbelanja. pembeli tidak perlu lagi datang ke toko dimana produk yang dia inginkan dijual. Pembeli hanya perlu mengakses internet kemudian memilih website sebagai toko online yang menjual produk yang dia inginkan. Setelah memilih barang yang diinginkan sesuai dengan spesifikasinya, dia hanya perlu membayarnya dengan kartu kredit atau transfer melalui phone banking dan bisa juga melalui layanan internet banking. Pembeli hanya perlu menunggu sampai barang yang di pesan dikirimkan langsung ke rumah.
Belanja online atau belanja daring sebetulnya dalam sejarahnya sudah terjadi puluhan tahun yang lalu. Hanya saja saat itu medianya bukan dengan menggunakan layanan internet. Saat itu sudah dikenal televisie dan telpon. Penjual dapat mengiklankan produknya menggunakan televisie dan pembeli dapat membeli barang tersebut secara online melalui sambungan telepon. Caranya hampir sama dengan belanja online dengan layanan internet. Pembeli hanya tinggal menggubungi penjual, kemudian penjual mengirimkan barangnya ke rumah pembeli dan terjadilah transaksi jual beli di rumah pembeli, pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu e-commerce dan setelah itua ka menjelaskan pula salah satu tempat belanja online yang berkaitan langsung dengan e-commerce.
E-commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Kegiatan e-commerce ini merupakan aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berhubungan dengan transaksi komersial, misalnya: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), pemasaran online (online marketing), atau e-pemasaran (e-marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), dll. E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat melakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan). Jenis e-Commerce e-Commerce dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang memiliki karakteristik berbeda-beda yaitu:

1. Business to Business (B2B) Business to Business e-Commerce memiliki karakteristik:

A.Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).

B. Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang Digunakan sudah tertentu
C. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
   Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya. 

D. Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

2. Business to Consumer (B2C) Business to Consumer e-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut: 

1.Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum. 
2.Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web. 
3.Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan. 
4.Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi (client consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.

 3. Consumen to consumen(C2C) Dalam C2C seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain. Dapat juga disebut sebagai pelanggan ke palanggan yaitu orang yang menjual produk dan jasa ke satu sama lain. Lelang C2C. Dalam lusinan negara, penjualan dan pembelian C2C dalam situs lelang sangat banyak. Kebanyakan lelang dilakukan oleh perantara, seperti eBay.com, auctionanything.com, para pelanggan juga dapat menggunakan situs khusus sepertibuyit.com atau bid2bid.com. Selain itu banyak pelanggan yang melakukan lelangnya sendiri seperti greatshop.com menyediakan piranti lunak untuk menciptakan komunitas lelang terbalik C2C online.

4. Comsumen to Business(C2B). Dalam C2B konsumen memeritahukan kebutuhan atas suatu produk atau jasa tertentu, dan para pemasok bersaing untuk menyediakan produk atau jasa tersebut ke konsumen. Contohnya di priceline.com, dimana pelanggan menyebutkan produk dan harga yang diinginkan, dan priceline mencoba menemukan pemasok yang memenuhi kebutuhan tersebut. (Januri, dkk, 2008). 

            Setelah mengetahui apa itu e-commerce saya akan langsung membahas salah satu situs belanja online kyang berhubungan dengan e-commece, saya membahas situs bernama rakuten.co.id, Rakuten merupakan sebuah toko online yang di dirikan oleh rakunet,inc di jepang toko online nomor satu di jepang. Rakuten sendiri memang mempunyai banyak cabang salah satunya di Indonesia ini rakuten.co.id. Rakuten sendiri di Indonesia resmi di buka oleh Mr Hirosi Mitikani selaku CEO dari Rakuten,Inc dan juga Mr. Hary Tanoesoedibjo selaku dari CEO MNC Group.


Di Indonesia sendiri rakuten.co.id di pimpin oleh Ryota Inaba yang bertugas sebagai Presiden Director dan CEO. Rakuten memang merupakan toko online yang sudah berdiri lama namun toko online ini membuka pertama kalinya berpusat di jepang dan akhirnya rakuten resmi membuka salah satu cabangnya yakni di Indonesia. 
           
Asal nama Rakuten Ichiba sebenarnya berasal dari sebuah sejarah Jepang tentang pasar dagang terbuka pertama yang ada di Jepang dan bernama Rakuichi-Rakuza. Kemudian berdasarkan dari kata ini, pendiri kami menggabungkan kata Raku (kebahagiaan) dengan kata Ten yang berarti surga. Jadi secara tidak langsung nama Rakuten itu mencerminkan bisnis model yang diusung di dalamnya, yakni kebahagiaan di surga, karena semuanya ada di sini.
             
Rakuten sendiri kalau berbicara soal sejarah awal mulanya yakni terbentuk pada tahun 1997 di Jepang atau sekitar 15 tahun berdiri dan masih terfokus sebagai salah satu toko online terbesar. Rakuten sendiri memang sangat luar biasa sebab sampai saat ini mereka mempunyai 60 juta produk dan juga 35 ribu merchant. Rakuten sendiri membuka produknya dan usahanya di 10 negara yakni Amerika, Brazil, Inggris, Jerman, France, China, Taiwan, Indonesia, Malaysia dan Thailand. Selain itu toko online ini juga telah bekerja sama dalam usaha penananm modal atau investasi dengan salah satu media sosial besar di dunia yakni pinterest. Tujuan dari kerja sama ini adalah menjadikan rakuten sebagai tempat belanja online terbesar nomor satu di dunia. Di Indonesia sendiri produk rakuten yang di pasarkan sudah mencapai 300 ribu produk dan juga 300 merchant yang bergabung dalam kurung waktu 1 tahun terakhir dan menjadikannya salah stau toko online dengan perkembangan yang tercepat di Indonesia. 
Visi misi perusahaan rakuten sendiri adalah menyediakan berbagai keperluan para konsumen karena rakuten menyediakan berbagai macam produk yang beragam, mulai dari smartphone, barang elektronik, gadget, ipad, tablet, fashion, baju, tas, jam tangan, roti, makanan, minuman, alat musik, buku, kosmetik, hingga motor pun tersedia, selain itu bermacam pernik aksesoris dan produk unik dari Jepang pun tersedia.
Kenapa Indonesia? Sudah pasti karena Indonesia memiliki market yang besar. Di sini ada kurang lebih 240 juta penduduk dan iklim perekonomian yang baik, sehingga kami memutuskan Indonesia menjadi pasar yang potensial untuk mengembangkan bisnis Rakuten. Terlebih lagi penetrasi internet di Indonesia yang tergolong besar, yakni sebanyak 20 persen, yang berarti 45 juta orang yang telah menggunakan Internet dari jumlah total penduduk yang terbesar di Asia Tenggara.
Bisnis Rakuten tergolong unik karena berbeda dengan bisnis e-commerce yang telah lebih dahulu ada. Mengambil filosofi mall yang dipindahkan ke sebuah website, Rakuten mengubah cara bisnis e-commerce yang semula berbentuk B2C menjadi B2B2C (business to business to consumer).

Dengan pola bisnis e-commerce yang baru ini, Hiroshi Mikitani menjadi seorang pembisnis andal di Jepang, yang mampu meraup keuntungan US$4,94 miliar (2011) dan merambah dunia hanya berbekalkan sebuah website dan konten. Saat ini, Rakuten telah memiliki 10.000 pekerja yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Selain itu, Rakuten juga memberdayakan agar seluruh penjual di platform mereka lebih maju, dengan memberikan masukan dan asistensi secara berkala. Rakuten tak melulu fokus meraup untung banyak, tetapi juga meningkatkan volume bisnis mitra mereka.

Di Indonesia, Rakuten menggandeng MNC, salah satu grup bisnis terbesar sebagai mitra mereka. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kiprah Rakuten di Tanah Air, beberapa waktu lalu, Sismi Priguna dan Insaf Albert Tarigan dari CHIP mewawancarai Tesong Kim, Direktur PT. Rakuten MNC 
untuk berbelanja di rakuten.co.id ini tidaklah sulit. caranya sangat mudah dan gampang . yaitu anda tinggal masuk saja di situsnya rakuten.co.id lalu pilih kategori yang anda inginkan,dan misalnya anda memiliha gadget & camera , lalu akan masuk di tampilan seperti ini :


setelah anda sudah masuk pada halaman itu , kemudian pilih gadget yang anda inginkan , mungkin sebagai contohnya saya akan memilih pilihan pada "Screen Protector Anti Glare Blackberry 9..." dan kemudian klik add to cart untuk menambahkan dan atau anda ingin membelinya dan ini nanti akan masuk pada keranjangan belanja online anda.
dan untuk tampilannya sebagai berikut :

lalu silahkan anda mengecek ulang apakah benar itu yang anda ingikan , jika iya , maka lihatlah berapa yang ingin anda beli, dan bila seumpama anda ingin membeli banyak maka tinggal tambahkan saja pada menu kuantitas , dan pada menu dropdownnya itu bisa anda pilih berapa jumlah yang anda inginkan.
dan yang paling menarik lagi bila anda ingin memesan/order di rakuten.co.id ialah anda tidak perlu pusing untuk mendaftar dan mengisi form apa begitulah , karena di rakuten ini ada form untuk order tapi tanpa dengan log in. ya dalam arti anda bisa membeli hanya dengan menunjukan nama , alamat,nomor telepon, nomor hp, dan alamat email.

 kalau anda ingin atau berminat untuk order, silahkan lanjutkan saja pengisian pada form2 itu dan setelah anda menyelesaikan form2 nya dan lain - lainnya , tinggal nunggu saja barangnya sampai di rumah.
           
kelebihan yang terdapat pada website www.rakuten.co.id , website ini memiliki banyak sekali pilihan produk, jadi bagi para konsumen yang ingin membeli produk apapun juga dapat dengan mudah mendapatkannya pada website ini. Pada website ini terdapat kotak dialog yang digunakan untuk melakukan pencarian produk yang diinginkan. Website ini juga dilengkapi dengan petunjuk sub menu cara membeli, cara membayar serta cara pengiriman sehingga memudahkan para pengunjung yang ingin melakukan transaksi. Selain itu, Belanja online di Rakuten sangat praktis karena website ini dilengkapi dengan shopping guide untuk memudahkan calon member mereka untuk melakukan pendaftaran member secara gratis, melakukan pencarian barang, cara membeli, cara membayar dan cara pengiriman barang. Setelah mendaftar member akan memiliki akun pribadi yang berisi keranjang belanja, dan data riwayat pembelian.

           kekurangan dari website ini terletak pada design atau tampilan website yanng sedikit kurang menarik karena warna yang digunakan pada tampilan website ini terlalu monoton.

Keunggulan Belanja Online
Ada beberapa keunggulan berbelanja secara online, antara lain:
Pertama, pembeli tidak terikat antara jarak dan waktu. Contoh sederhana misalnya saudara saya yang tinggal di Situbondo, Jawa Timur. Dia sering kali kesulitan mencari buku-buku terbaru di sana. Dengan adanya toko online saudara saya tidak kesulitan lagi mencari buku-buku terbaru. Dia hanya perlu mencari toko online yang menjual buku yang dia inginkan kemudian di memesannya secara online pula. Dengan demikian keinginnnya untuk mendapatkan buku terbaru kini sudah terbantu berkat toko online. Lebih cepat dan lebih mudah.
Kedua, pembeli dari segala usia bisa melakukan belanja secara online. Apalagi jika mengakses toko online dengan menggunakan tablet. Pembeli hanya tinggal tunjuk barang apa saja yang akan dipesan. Setelah melakukan pembayaran melalui transfer uang atau menggunakan kartu voucher yang biasanya sudah disedikan toko online tersebut, pembeli hanya tinggal menunggu barang yang dipesan datang ke rumah secara langsung. Tidak repot harus keluar rumah dan mengeluarkan biaya bensin. Jika dihitung-hitung akan lebih mahal berbelanja secara langsung ke tokonya. Pembeli akan lebih banyak mengeluarkan uang. Selain untuk ongkos bensin, pastilah juga keluar biaya lain. Perlu usaha lebih dan godaannya pun semakin banyak jika berbelanja secara langsung.
Ketiga, belanja secara online sangat menghemat waktu dan energi. Bagi pekerja di Jakarta, tentu waktu dan energi adalah sesuatu hal yang sangat berharga. Pekerja yang terbiasa berangkat pagi hari dan pulang malam hari tentu saja tidak memiliki waktu lagi untuk berbelanja secara langsung kecuali pada hari libur. Dengan adanya toko online mereka tidak perlu lagi khawatir, karena berbelanja dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja. Apakah ketika terjebak di kemacetan Jakarta atau saat terbangun tengah malam. Toko online selalu buka setiap saat selama 24 jam dalam seminggu. Mudah dan simpel bukan?
Kelemahan Belanja Online
Dibalik keunggulan pastilah ada beberapa kelemahan. Namun hal ini bisa di hindari jika kita tahu sebelumnya. Berikut adalah beberapa kelemaahan berbelanja secara online;
Pertama, barang yang di pajang di toko online bisa saja spesifikasinya berbeda dengan yang dikirimkan. Disinilah hak pembeli untuk meminta jaminan atau garansi. Jika spesifikasi tidak sesuai dengan yang dicantumkan di toko online pelanggan berhak mendapatkan penggantian atau uang kembali. Maka jangan lupa untuk screen shot halaman websitenya setiap kita akan membeli sebuah barang. Agar kita bisa melakukan komplen jika barang yang kita beli spesifikasinya tidak sesuai dengan yang disebutkan di toko onlinenya. Bahkan di forum jual beli pemberian garansi sudah menjadi hal yang lumrah sehingga pembeli tidak ragu dan khawatir lagi. Dengan adanya garansi justru akan menaikkan posisi tawar sebuah barang dan tentu saja menaikkan reputasi toko online tersebut.
Kedua, jika barang yang di kirim tidak sesuai dengan spesifikasinya yang paling repot adalah melakukan klaim. Prosesnya bisa lebih lama dibandingkan dengan proses membelinya. Maka ukuran sebuah toko online itu berkualitas atau tidak dapat dilihat juga dari proses kemudahan klaim. Jika hal ini diabaikan lebih baik pembeli menghindari toko online seperti ini. Untuk itu lihatlah tertimoni-tesimoni terhadap toko online tersebut. Di forum jual beli, testimoni pelanggan jelas sangat berpengaruh terhadap reputasi seorang pedagang. Dengan mengolah testimoni, sebuah toko online akan semakin besar dan semakin memiliki reputasi baik di mata calon pembeli. Pembeli biasanya akan menjadi pelanggan tetap, jika merasa puas dengan layanan dan proses yang baik. Akan lebih baik jika testimoni itu bukan hanya sebatas testimoni secara online.
Ketiga, cari toko online yang memiliki rekam jejak yang baik melalui testimoni dan reputasinya. Jadilah pembeli yang cerdas. Untuk menjadi pembeli yang cerdas dimulai dari memilih toko online yang memang sudah betul-betul memiliki reputasi baik. Agar terhindar dari penipuan dan cybercrime lainnya. Pembeli juga harus teliti dengan barang-barang yang di deskripsikan. Jangan malu untuk bertanya dahulu kepada customer service. Pembeli harus cerewet untuk memastikan bahwa barang yang dipesan memang sesuai dengan keinginan pembeli. Proses tanya jawab tersebut bisa dilakukan melalui chatting atau melalui kolom komentar yang bisanya sudah disediakan di toko online. Tidak jarang mereka juga memiliki social media sehingga bisa lebih mendekatkan diri pada pelanggannya.
Keempat, toko online sangat bergantung pada kurir atau perusahaan jasa pengiriman. Lihat dengan teliti siapakah rekanan toko online tersebut. Karena proses pengiriman bisa saja lebih lama dari yang dijanjikan terutama pada masa-masa sibuk seperti saat Hari Raya. Durasi pengiriman yang cepat juga dapat meningkatkan reputasi toko online. Meskipun sebetulnya pengiriman sudah dilimpahkan pada jasa pengiriman. Maka ada baiknya pembeli memahami betul mana saja perusahaan jasa pengiriman yang bisa tepat waktu mengirimkan barang yang dipesan.
Dari keunggulan dan kelemahan tersebut saya pribadi lebih memilih berbelanja online pada toko online yang sudahdirekomendasikan oleh teman-teman saya. Sehingga kerugian atau resiko adanya penipuan bisa dihindari. Maka, rekomendasi inilah yang sebetulnya harus dikelola dengan baik jika para pemilik toko online jeli. Karena rekomendasi adalah marketing yang paling efektif terutama dalam bisnis online.
Dari belanja online saya pun jadi ikut-ikutan berjualan online meskipun hanya sebatas menggunakan forum jual beli. Bahkan tidak sedikit yang menuai kesuksesan karena kemudahan berbelanja secara online menjadi kemudahan berdagang secara online. Toko online tidak perlu di tunggui bahkan tidak perlu mempekerjakan karyawan untuk menjaganya. Bukan tidak mungkin seorang pembeli online berubah menjadi pengusaha online hehehe. Dibalik itu semua, jual beli online bisa mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha muda.
Dimasa-masa yang akan datang dimana proses keamanan berbelanja online semakin baik dan ketat tentu saja pembeli akan merasa nyaman dan merasa dimudahkan untuk melakukan belanja secara online. Yang perlu disiapkan adalah sistem yang baik agar bisa melindungi pembeli maupun penjual. Pemerintah diharapkan pula bisa campur tangan karena undang-undang yang ada masih sangat lemah.













Sumber:
http://www.chip.co.id/news/web_internet/3619/rakuten_tak_sekadar_menjual_barang_secara_online


http://www.rakuten.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar