Minggu, 05 Juli 2015

SEO (Seach Engine Optimization)


SEO adalah singkatan dari Seach Engine Optimization. Artinya adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk meng-OPTIMALKAN website Anda dimata search engine tadi. Suatu website yang optimal di search engine akan menang dan berada di posisi atas hasil pencarian di search engine seperti Google tadi.  Kalau website Anda menang maka website Anda akan seperti diatas tadi. Jutaan orang mencari di Google misalnya, Website Anda ketemu terus,  Orang klik pada website anda yang ketemu tersebut, maka banyak pengunjung ke blog Anda.  Artinya search engine telah bekerja siang dan malam tanpa henti membantu Anda, dengan setia, tanpa minta upah.  Anda mau begitu kan?. Jika Ya, maka Anda dapat mempelajari caranya.

Secara garis besar, kegiatan SEO ada 2 bagian, antara lain:

Yang Pertama adalah mendesign website Anda Internally agar Search Engine friendly. Artinya website Anda harus didesign yang bersahabat dengan Google. Agar nanti website Anda disenangi search engine tersebut. Itu akan meliputi navigasi (menu) yang baik, selalu ada minimal satu link untuk ke halaman yang anda buat, tidak juga terlalu banyak link yang berulang-ulang, website anda cepat loadingnya, Website Anda konsisten topiknya (kesesuaian antara Judul, Isi artikel, keywords dan description). Ini tidak sulit, bagi mereka yang sudah tau rahasianya.  Banyak sekali pemain internet marketing Indonesia yang telah menguasai hal ini. Kegiatan yang pertama ini sifatnya internal di website Anda, karena itulah sering juga disebut sebagai ON-PAGE Seo (kegiatan di halaman-halaman yang anda buat di website anda).


Yang Kedua adalah kegiatan OFF-PAGE Seo, artinya adalah kegiatan diluar web Anda, bagaimana agar website Anda banyak dibicarakan diluar sana, sehingga Search Engine menganggap website Anda sebagai “penting”.

Jika website anda sudah internallay didesign bersahabat dengan search engine, dan juga banyak dibicarakan diluar (misalnya blog lain yang membicarakan website Anda) maka Search engine akan MENAIKKAN posisi webiste Anda di hasil pencarian oleh orang dengan kata kunci yang telah Anda buat diwebsite Anda. Misal orang mencari “belajar bisnis” dan topik tersebut ada di web Anda yang sudah SEO ready tadi maka website Anda akan berpotensi untuk berada di halaman-halaman depan hasil pencarian.

Bagaimana SEO bekerja? (Search Engine Optimization)

Untuk mengerti bagaimana SEO bekerja, Pertama-tama belajar bagaimana Permintaan Pencarian Google dijalankan. Gambar di bawah ini secara langsung diambil dari situs perusahaan Google.com.



Seperti yang anda lihat, semuanya berjalan melalui server Google seperti Google menemukan yang paling relevan dengan konten yang diindeks berdasarkan istilah pencarian (query) dan kemudian menampilkan kepada pengguna. Berikut adalah langkah pertama;

1) Bagaimana cara mendapatkan Google untuk mengindeks situs Anda?
Ini sangat sederhana. Terlepas dari jenis situs (html, flash, CMS atau PHP), Anda ingin Google meng-index halaman Anda karena itulah satu-satunya cara Anda dapat terlihat untuk permintaan pencarian di Google. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengirimkan sitemap ke Google melalui Google Webmaster Central. http://www.google.com/webmasters/ Anda dapat membaca artikel rinci tentang “Cara Membuat Sitemap” di sini. 

2) Halaman Judul, Meta Description dan Meta Keyword Fields
“Halaman Judul” menjadi faktor yang paling penting, 3 elemen ini digunakan untuk menjadi tulang punggung SEO pada akhir 90-an.  Anda dapat melihat judul halaman di atas browser (IE atau Firefox) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Pada artikel ini, kami ingin kembali ke akar dan menjelaskan dasar-dasar SEO. Saat ini, ada banyak aktivitas dalam dunia pemasaran online tentang Google dan direncanakan untuk perubahan cara kita melakukan pencarian. Ini tidak mengejutkan untuk industri sebagai teknologi pencarian dan algoritma yang digunakan terus berkembang, bagaimanapun, orang perlu mengerti bagaimana SEO bekerja di masa lalu dan bagaimana SEO bekerja di masa sekarang, untuk menentukan dan memahami bagaimana harus bekerja di masa mendatang .
Bagaimana Pertunjukan Situs Anda?

Untuk mengerti bagaimana SEO bekerja, Pertama-tama belajar bagaimana Permintaan Pencarian Google dijalankan. Gambar di bawah ini secara langsung diambil dari situs perusahaan Google.com.

 Seperti yang anda lihat, semuanya berjalan melalui server Google seperti Google menemukan yang paling relevan dengan konten yang diindeks berdasarkan istilah pencarian (query) dan kemudian menampilkan kepada pengguna. Berikut adalah langkah pertama;

1) Bagaimana cara mendapatkan Google untuk mengindeks situs Anda?
Ini sangat sederhana. Terlepas dari jenis situs (html, flash, CMS atau PHP), Anda ingin Google meng-index halaman Anda karena itulah satu-satunya cara Anda dapat terlihat untuk permintaan pencarian di Google. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengirimkan sitemap ke Google melalui Google Webmaster Central. http://www.google.com/webmasters/ Anda dapat membaca artikel rinci tentang “Cara Membuat Sitemap” di sini.

2) Halaman Judul, Meta Description dan Meta Keyword Fields
“Halaman Judul” menjadi faktor yang paling penting, 3 elemen ini digunakan untuk menjadi tulang punggung SEO pada akhir 90-an, dan mereka masih memiliki banyak berat badan di Google Algoritma. Anda dapat melihat judul halaman di atas browser (IE atau Firefox) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

Jdul di halaman ini adalah “Internet Marketing Articles dan  Resources”. Ini mendefinisikan apa isi dari halaman sekitar. Banyak situs dan perusahaan membuat kesalahan dengan menempatkan nama mereka di awal judul halaman pada setiap halaman di situs mereka. Ini tidak benar. Judul halaman harus mulai dengan apa yang halaman spesifik tentang (Istilah atau kata kunci yang Anda targetkan)

Pada akhir 90-an dan awal 2000-an, jika Anda hanya menguubah dan meng optimalkan elemen ini pada sebuah website, pada waktu dulu memakai cara ini sudah cukup. Itu tidak terjadi lagi, inilah faktor terpenting berikutnya.

3) Inbound Link (Backlinks)
Ini adalah “teks link” dari satu situs web yang lain. Mari kita asumsikan bahwa Anda memiliki website yang sangat keren tentang  “SEPAK BOLA”  misalakan saya menjadi pemain sepak bola dan fans saya mau link kes itus Anda  dari situs saya (misalkan situs saya “JAGOAN”), nah ini ada caranya. Mari kita bahas bagaimana caranya.  Ada beberapa cara dan aku akan coba melakukan ini:

a. “Klik di sini untuk situs BOLA (contoh misal)
Seperti yang Anda lihat, ini akan menjadi “inbound link” ke situs Anda dan sebuah “outbound link” dari situs saya. Namun, perhatikan teks hyperlink (anchor text); itu adalah “Klik di sini”. Namun situs Anda bukan tentang “Klik Disini”, ini adalah tentang “BOLA” Oleh karena ini tidak akan menjadi kualitas backlink ke situs Anda.

b. “Klik di sini untuk BOLA Contoh ini adalah cara yang benar untuk sebuah backlink karena teks hyperlink “anchor text” adalah tentang website Anda. Jadi, ini sangat “relevan” dan “kualitas tinggi” link.

Setelah Google upaya untuk mengindeks semua halaman di situs Anda, tampak pada unsur-unsur ini untuk relevansi;
• Judul Halaman
• Meta Description
• Meta Keywords
• Jumlah Quality Inbound Links
• Kualitas Website Menghubungkan kepada Anda
• Relevansi dari Inbound Link

Meskipun ada banyak faktor di Google algoritma, yang menentukan bagaimana SEO bekerja, di atas adalah dianggap sebagai faktor dasar yang paling penting. Namun, hal-hal berubah di dunia Google. 

sumber 1
sumber 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar